Senin, 02 November 2015

Bahaya Kabut Asap


  • pengertian
Kabut Asap atau Asbut, istilah adaptasi dari bahasa Inggris smog (smoke and fog), adalah kasus pencemaran udara berat yang bisa terjadi berhari-hari hingga hitungan bulan.


  •  Penyebab terjadinya kebakaran hutan dan terjadinya kabut asap
1.      Akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Dalam musim kemarau seperti ini banyak masyarakat yang membakar hutan atau kebunnya untuk membuka lahan.
2.      kemarau yang terjadi hingga berbulan-bulan mengakibatkan sumber-sumber air menjadi kering dan hutan menjadi kering dan mudah untuk terbakar.
3.      Memang murni akibat bencana alam
4.      Lambatnya bantuan dari pemenrintah dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan sehingga api menyebar luas yang awalnya hanya satu lokasi menjadi banyak lokasi.

  •   Dampak kabut asap bagi kesehatan   
1.      kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungki juga infeksi.
2.      kabut asap dapat memperburuk asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik, dan penyakit paru kronik.
3.       kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan orang mudah lelah serta mengalami kesulitan bernapas.
4.       bagi yang berusia lanjut dan anak-anak , yang punya penyakir kronik dengan daya tahan tubuh rendah serta wanita yang sedang hamil, akan lebih rentan untuk mendapat gangguan kesehatan.
5.       kemampuan paru dan saluran pernapasan mengatasi infeksi berkurang, sehingga menyebabkan lebih mudah terjadi infeksi.
6.      secara umum berbagai penyakit kronik juga dapat memburuk.
7.      bahan polutan di asap kebakaran hutan yang jatuh ke permukaan bumi juga mungkin dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi. 
8.      infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) lebih mudah terjadi.   "Terutama karena ketidakseimbangan daya tahan tubuh, pola bakteri atau virus penyebab penyakit dan buruknya lingkungan," kata Tjandra.   
9.   selain pada manusia dampak kabut asap juga berdapak pada hewan-hewan yang ada di lokasi hutan yang terbakar.     
  •   Upaya atau cara menjaga kesehatan dari bahaya kabut asap
1.      masyarakat perlu menghindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan.  
2.      jika terpaksa pergi ke luar rumah/gedung maka sebaiknya menggunakan masker.
3.      minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering.  
4.      bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasehat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. "Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain," kata Tjandra.  
5.      selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti makan bergizi, jangan merokok, dan istirahat yang cukup. 
6.      upayakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah / sekolah / kantor dan ruang tertutup lainnya.  
7.      penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik
8.       buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi.  Di samping bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu di masak dengan baik. 
  • Cara mencegah kebakaran hutan bisa tidak terjadi di musim kemarau
Banyak diantara masyarakat yang mengganggap bahwa kebakaran hutan itu dikarenakan
musim kemarau yang berkepanjanggan, tapi bukan hanya itu banyak faktor-fakor yang
disengaja maupun tidak disengaja. maka dari itu kita harus bisa mencegah kebakaran
hutan 
1.      jangan membakar hutan untuk membuka lahan atau untuk kepentingan yang lain
2.      menjaga hutan dari orang-orang jahat yang ingin membakar hutan
3.      menanam kembali hutan-hutan yang telah gundul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar